MELACAK GEN BUTA WARNA KELUARGA KOSASIH

Keluarga niniku (Bahasa Sunda untuk nenek) dari Bunda memiliki 12 saudara kandung. Aku sempat mewawancarai Nini tentang mereka semua. Ternyata nama-nama mereka semua ada awalan “Kus” nya.

Pai, yaitu pamanku, anak laki-laki Nini ternyata buta warna. Nini bercerita bahwa orang yang buta warna itu ada banyak dikeluarga Nini.

Aku memutuskan untuk mencari tahu siapa saja yang buta warna dikeluarga Nini.

Pada saat lebaran, yaitu pada tanggal 15 Juni 2018, aku melakukan tes dan menanyakan keluarga besarNiniku tentang buta warna. Orang pertama yang aku tanyakan dan lakukan tes adalah Om nano (adiknya nenekku tetapi masih mau dipanggil om). Tetapi sebetulnya orang pertama yang mau aku test adalah yang anak anak kecil. Tetapi mereka tidak mau karena tidak tahu testnya akan seperti apa. Setelah om nano, aku mengajak mereka untuk melakukan test tetapi agaknya mereka masih malu denganku. Jadi….akhirnya, aku menggunakan taktik yang di usulkan Bude iin. Yaitu….dengan duduk disana dengan mereka, dan pelan-pelan membujuk mereka.

AKHIRNYA…!! Ada satu yang mau. Walaupun hanya satu anak setelah 10 menit :”). Lama kelamaan setelah aku sudah cukup lama dengan mereka disana akhirnya pada mau juga YEAH!!!!!!!!!!!

Ternyata melakukan tes pada anak diusia 8 sampai 10 tahun kebawah agak…ya, susah yaw ? Untungnya pada akhirnya aku mendapatkan hasil yang memuaskan.

Pada keluarga uyutku,

1. Enam dari Tujuh anak laki-laki Uyutku buta warna.

2. Semua cucu laki-laki dari anak perempuan Uyutku, buta warna.

Hal itu terjadi karena kelima anak perempuan dari Uyutku adalah carrier buta warna.

3. Dua orang cicit dari cucu perempuan anak laki-lakì Uyutku sudah terdeteksi buta warna, namun masih ada beberapa cicit yang belum bisa ditest karena masih terlalu kecil dan tidak datang.

Carrier adalah perempuan yang salah satu kromosom Xnya membawa gen buta warna.

Buta warna juga tidak hanya satu, ada buta warna total dan buta warna parsial. Buta warna parsial hanya buta sebagian warna seperti..merah dan hijau. Hijau dan kuning. Kalau buta warna total, maka yg bisa dilihat hanya warna hitam putih.

Nahh keluarga Uyutku, mengalami buta warna parsial merah dan hijau. Aku mengetahuinya dengan cara tes menggunakan YouTube !!! Di YouTube aku menggunakan video test buta warna Ishihara.

Ternyata seru juga mengenal silsilah buta warna dari keluarga Niniku !

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s